Ski Lintas Alam di Norwegia – Tur Dari Lembah Espedalen

[ad_1]

Jika Anda adalah pemain ski lintas negara yang mencari tur yang relatif mudah di pegunungan Norwegia, satu daerah yang layak dipertimbangkan adalah negara perbukitan di sebelah barat Espedalen, yang merupakan lembah panjang yang terletak sekitar 70 km ke barat laut kota Lillehammer .

Pada pertengahan abad kesembilan belas, Espedalen adalah tempat yang sangat sibuk, karena saat itulah pusat pertambangan nikel terbesar di dunia, dan ratusan orang bekerja di sana. Tetapi hari ini beberapa tanda dari aktivitas itu tetap ada, dan lembah itu tenang dan kosong.

Anda dapat mencapainya dengan naik kereta pagi dari bandara Oslo ke Lillehammer dan kemudian bus sore ke Espedalen. Bus itu turun di masing-masing tiga hotel di lembah. Untuk alasan logistik, sebaiknya Anda mengatur untuk menghabiskan malam pertama dan terakhir liburan Anda di salah satu hotel ini, karena Anda hampir pasti ingin menggunakan transportasi mereka di akhir tur, seperti yang akan kita lihat. (Anda mungkin juga ingin menggunakan transportasi mereka di awal tur, mungkin untuk mempersingkat hari pertama.)

Setelah malam pertama di hotel Anda, Anda dapat memulai tur Anda, setiap malam menginap di kabin yang dikelola oleh DNT, Norwegian Mountain Trekking Association. Semua kecuali satu kabin di daerah ini tidak memiliki staf, tetapi mereka dilengkapi dengan makanan, peralatan memasak dan kayu bakar dan mereka memiliki ranjang dengan kasur. Kabin yang tidak memiliki staf terkunci, tetapi Anda dapat meminjam kunci dari DNT (setelah terlebih dahulu menjadi anggota organisasi itu).

Secara umum, selama periode antara pertengahan Februari dan Paskah, rute antara gubuk ditandai dengan tongkat ditempatkan ke salju pada interval reguler. Tetapi Anda masih harus bisa menavigasi, kalau-kalau Anda menjauh dari tongkat dalam cuaca buruk.

Ada beberapa kemungkinan jadwal tur, tetapi versi berikut ini cukup standar. Seperti yang akan Anda lihat, turnya singkat. Namun, banyak pemain ski menghabiskan lebih dari satu malam di setiap pondok, dan mengambil kesempatan untuk melakukan tur sehari dengan paket ringan.

Tahap 1 membawa Anda ke kabin Storholiseter, jarak 15 hingga 20km, tergantung pada titik awal Anda. Rute ini terutama melalui hutan birch dan spruce, sampai Anda keluar dari pepohonan beberapa kilometer sebelum mencapai Storholiseter, yang merupakan sekelompok kabin yang dulunya berfungsi sebagai lahan pertanian di dataran tinggi. Akomodasi DNT tersebar di antara dua kabin: total ada 18 tempat tidur.

Tahap 2 membawa Anda ke kabin Storkvelvbu, jarak sekitar 12km. Dalam perjalanan Anda mendaki secara bertahap hingga ketinggian 1200 m dan Anda harus memiliki pemandangan Pegunungan Jotunheim, Norwegia yang tertinggi, ke kanan Anda.

Tahap 3 pergi ke Haldorbu, kabin 16 tempat tidur yang terletak di 1025m di atas permukaan laut. Jaraknya sekitar 14km.

Tahap 4 pergi ke Liomseter (915m), yang merupakan kabin staf. (Atau, bagaimanapun, itu dikelola selama bagian tersibuk dari musim tur, biasanya dua minggu berlari hingga Paskah. Selama sisa musim dingin sebagian kecil dari itu, dengan hanya 10 tempat tidur, dapat digunakan pada un-stafed dasar.) Jarak dari Haldorbu ke Liomseter adalah sekitar 16 km dan di jalan Anda kehilangan sekitar 100m di ketinggian dan turun di bawah pepohonan. Liomseter adalah bangunan yang cukup besar dan ketika staf memiliki total 40 tempat tidur, beberapa di kamar kecil, beberapa di asrama yang lebih besar. Ketika staf melayani makanan dan Anda juga dapat menikmati kemewahan mandi air panas.

Tahap 5 Untuk mengakhiri tur Anda, Anda akan meluncur ke tempat terpencil yang disebut Synsgardsætra, lebih kecil dari tempat parkir di ujung jalan kecil, sekitar 15 km dari Liomseter. Pilihan terbaik Anda kemudian adalah kembali ke hotel tempat Anda menghabiskan malam pertama. Dengan pengaturan sebelumnya, pihak hotel akan datang dan menjemput Anda dari Synsgardsætra dan mengantar Anda kembali ke hotel. Keesokan paginya Anda dapat naik bus kembali ke Lillehammer dan dari sana kereta ke bandara Oslo.

[ad_2]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *